Pemilu 2019 Akan Jadi Sejarah Baru Bagi Indonesia dan Dunia, Apa Saja Sejarah yang Akan Terukir?

advertise here
Ilustrasi: RRI.co.id
AMENROOM.COM - Pemilu 2019 akan menjadi sejarah baru bagi dunia dan khususnya Indonesia. Pemilu kali ini lebih kompleks karena memadukan Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Umum Legislatif (Pileg).

AmenRoom.com kali ini akan merangkum sejarah-sejarah baru yang akan terukir indah di Pemilu 2019.

1. Pilpres dan Pileg Pertama di Dunia

Seperti yang sudah saya jelaskan tadi, Pemilu 2019 akan menjadi sejarah pemilu dunia, karena ini kali pertama ada pemilu yang memadukan Pilpres dan Pileg secara bersamaan. Indonesia sedang disorot dunia karena akan menyelenggarakan even ini pertama kali.

Pemilu 2019 akan jadi Pemilu paling rumit di dunia, karena pemilih harus memilih calon presiden dan wakil presiden, memilih caleg DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan caleg DPRD kabupaten/kota. 

2. Jika Jokowi Menang, Maka Angka 01 Bukan Lagi Mitos Angka Sial di Pilpres
Megawati Soekarno Putri-Prabowo Soebianto saat Pilpres 2009 (Foto: Kompas.com)


Nah, kalau Joko Widodo alias Jokowi menang lagi di Pilpres kali ini, maka mitos angka atau nomor urut 01 sebagai angka sial di Pilpres akan sirna. Soalnya, sejarah menyebutkan  pasangan yang mendapat nomor urut 01 pada Pilpres sebelumnya selalu kalah.

Buktinya, waktu Pilpres 2004, pasangan Megawati-Prabowo mendapat nomor urut 1. Akhirnya mereka kalah dan waktu itu Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Jusuf Kalla yang menang. Kemudian, Pilpres 2009 juga tidak memenangkan pasangan yang dapat nomor urut 01, yang kalau tidak salah dipegang oleh Wiranto-Gus Solah. Waktu itu, SB yang menang lagi dengan pasangannya Boediono. Lalu, pada Pilpres 2014, Prabowo-Hatta Radjasa dapat  nomor urut 01, mereka ditumbangkan pasangan Jokowi-Jusuf Kalla. 

Makanya, kalau Jokowi menang lagi, maka mitos nomor urut 01 angka sial terbantahkan. Dan akan jadi sejarah baru bagi Pemilu Indonesia, kalau nomor urut 01 pernah jadi pemenang Pilpres.

 3. Prabowo Menang atau Kalah, Juga Jadi Sejarah

Kalau Prabowo bisa menang, maka ini akan jadi sejarah bagi Pilpres di Indonesia, karena ada warga negara yang ikut Pilpres 3 kali akhirnya menang. Begitu sebaliknya, kalau kalah, maka ada sejarah yang menyebutkan ada warga negara  yang ikut Pilpres 3 kali kalah terus. Bahkan, ada yang menyebutnya kalah 4 kali kalau di Pilpres kali ini kalah, karena tahun 2005 dia kalah dari Wiranto di konvensi pemilihan capres Partai Golkar.

Itulah 3 sejarah yang berpeluang terjadi pada Pemilu 2019 dan kita berharap, meski beda-beda pilihan jangan sampai memutuskan kekompakan kita sebagai INDONESIA.


Berkomentarlah dengan santun, tunjukkan bahwa kita bangsa beradab

Click to comment